Foto Gerhana Matahari Sebagian, 4 Desember 2010

Hari ini memang terjadi Gerhana Matahari Sebagian, meski kita yang berada di Indonesia tidak dapat menikmatinya. Berbeda dengan mereka yang berada dalam jangkauan Gerhana Matahari Sebagian, mereka dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Saya mengambil beberapa momen yang diabadikan saat Gerhana Matahari Sebagian ini dari Mail Online.

Hamble, Hampshire: Gerhana Matahari Sebagian terlihat di pantai selatan Inggris ketika Bulan menutupi Matahari pada pukul 8.10 am, ditambah oleh awan yang cukup tebal yang sedikit meredupkan penglihatan terhadap Matahari sehingga terlihat dramatis seperti foto diatas.

Locon, Perancis: Fenomena ini juga dapat diamati di sebagian besar daerah Eropa. Gerhana Matahari yang paling mengagumkan diamati di Skelleftea, Swedia, dimana Bulan menutupi hampir dari 90% Matahari.

Di London, 67% permukaan Matahari tertutup, meski tertutup gulungan awan. Liverpool dan Plymouth 70%, Glasgow 40%, Western Isles 15%, Madrid 50%, Paris 65%.

Di daerah-daerah tersebut, fenomena Gerhana Matahari Sebagian rata-rata terjadi pada pagi hari. Namun di Rusia Tengah, China, Kazakhstan, dan Mongolia, fenomena ini terjadi sesaat sebelum tenggelam matahari.

Siluet pesawat terbang melintasi Gerhana Matahari Sebagian di Barcelona. Meski bulan terlihat redup, fotografer mempunyai keberuntungan yang lebih sehingga mendapatkan momen yang tepat dalam pengambilan gambar.

Foto ini tidak kalah menariknya yang diambil di kota Dinslaken, Jerman. Matahari yang terang dan gumpalan awan diatas langit yang cukup gelap. Jika saya perhatikan, gumpalan awan tersebut seperti kepala elang (loh?).

Studencice, Slovenia. Menurut saya foto yang ini cukup menyeramkan. Momen dimana matahari terlihat seperti bulan sabit yang tampak diatas tanaman di sore hari.

Fase-fase Gerhana Matahari Sebagian. Foto Gerhana Matahari dalam berbagai fase ini diambil di Gunung Zugspitze, Garmisch, Jerman (dibaca dari kiri).

Tentang Gerhana Matahari.

Matahari, Bulan, dan Planet Bumi berada pada 1 garis lurus. Bulan yang berada diantara Matahari dan Bumi menutupi Matahari sehingga terlihat terpotong.

Bayangan Bulan sampai ke Bumi dan meredupkan cakram Matahari.

Dalam kasus Gerhana Matahari Sebagian, hanya sebagian permukaan Matahari saja yang tertutup oleh awan.

Dalam kasus Gerhana Matahari Total, seluruh permukaan Matahari tertutup oleh Bulan sehingga terjadi ‘malam sesaat’ di belahan Bumi yang terkena dampak Gerhana.

Dalam kasus Gerhana Matahari Cincin, hanya menyisakan daerah pinggir permukaan Matahari dan sisanya gelap, sehingga Matahari terlihat seperti Cincin.

Baca juga: Enam Gerhana Akan Terjadi di Tahun 2011

Mail Online

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: